“Ikatlah ilmu dengan tulisan.”

(HR. Thobrani dan Hakim, keduanya menyatakan sebagai hadits shohih

dan disetujui oleh Albani)

Tujuan awal ditulisnya blog ini.

penaBlog ini bukan berisi madah tarbiyah, karena sudah banyak para ustadz yang berkompeten telah menulisnya. Blog ini hanyalah catatan tarbiyah seorang binaan. Proses interaksinya dalam sebuah harakah Islam tertuang dalam tulisan-tulisan lepas yang sederhana. Di dalam blog ini ada sesuatu yang dapat disebut sebagai aksi dan ada pula reaksi atas sesuatu. Satu waktu tulisannya bercerita tentang masa lalu, tetapi pada waktu yang lain dapat pula bercerita tentang masa depan. Terkadang tulisannya penuh hamasah (semangat), terkadang pula melankolis. Sering juga tulisannya bersifat normatif, tetapi tidak jarang juga bersifat aplikatif dan non asumtif. Lebih dari semua itu, tersirat di sana cita-cita dan harapannya akan kebangkitan Islam (shohwah islamiyah).

Menjadi satu hal yang disayangkan, apabila romantika proses interaksi dalam harakah itu tidak terekam dalam sebuah media. Tanpa tulisan, boleh jadi mata rantai sejarahnya akan terkubur oleh waktu walaupun pelakunya sendiri masih hidup. Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam sendiri pernah bersabda: “Ikatlah ilmu dengan tulisan”. Para ulama salaf pun begitu bersemangat dalam merespon perintah Rasul tersebut dalam berjilid-jilid kitab bersejarah mereka.

Sebagai seorang binaan (mutarabby), jauh sekali posisinya dengan ulama-ulama penerang ummat. Haihata.. haihata.. jauh… jauh… sekali. Namun itu semua tidak menghalanginya untuk menuliskan buah pikirannya dalam sebentuk catatan-catatan sederhana. Hanyak sekedar untuk berbagi jejak-jejak interaksi tarbiyahnya.

Tulisan-tulisan yang ada di blog ini bukanlah rangkuman liqoat pekanan yang dia lakukan bersama ikhwah seperjuangan saja. Tetapi semua itu lahir dari interpretasinya dan refleksi tarbiyahnya melalui perangkat-perangkat tarbiyah yang pernah dia jalani. Entah itu liqoat, darurah, rihlah, mukhoyyam, maupun dari penugasan aplikatif/operasional dari harakahnya.

Sejarah lahirnya blog ini.

Pada awalnya, penulis blog ini sebenarnya bukanlah orang senang menulis. Bila dilihat dari track record, hampir tidak ada artifact dakwah dan keorganisasian yang berupa tulisan, kecuali sedikit saja. Dia cenderung lebih senang menyampaikan uraian secara lisan daripada tertulis. Sekitar tahun 2005 pada waktu tren blog sedang melanda dunia, sebenarnya dia pernah membuat satu blog. Tidak ada tujuan yang jelas saat itu, selain sekedar memuaskan rasa ingin tahu saja. Maklum sebagai mahasiswa yang belajar teknologi informasi dia didorong untuk mengetahui tren perkembangan teknologi informasi dunia. Karena tidak ada maintenance blog perdananya itu hilang.

Interaksi dan kultur yang berbeda ketika si penulis tinggal dan bekerja di ibukota akhirnya mendorongnya untuk menuangkan pikiran dalam bentuk tertulis. Salah satunya melalui media blog ini, blog kedua yang pernah ia buat. Faktor-faktor yang menjadi trigger dari lahirnya blog ini adalah pekerjaan penulis dalam teknologi informasi yang membuatnya akrab dengan virtual world (dunia maya), resesi global yang mengakibatkan project delay dan kemudian memberikannya banyak waktu luang, serta tidak kalah pentingnya pengaruh aktivitas nge-blog sesama software developer di kantor tempatnya bekerja. Beberapa hal juga teridentifikasi sebagai faktor pendukung yang membuatnya semakin rajin menulis blog diantaranya kesendirian dan tinggal terpisah dari keluarga, tertundanya beberapa rencana pribadi yang besar, penyesuaian mapping life, dialog-dialog kritis di kost, serta inspirasi spontan dari obrolan ringan di forum liqoat. Maka kemudian lahirlah blog https://mutarabby.wordpress.com ini.

Manhaj awal penulisan blog.

Walaupun blog ini tidak lebih dari kumpulan tulisan lepas, namun si penulis awalnya berusaha membuat identifikasi masalah dan strukturisasi pikiran agar dapat mencakup tiga aspek mendasar dalam Islam yaitu ma’rifatullah, ma’rifaturrasul, dan ma’rifatul Islam. Beberapa pengkhususan bahasan tentang hati, fiqh kontemporer, dakwah pergerakan, dan sejarah ulama mujahid sengaja dibuat untuk memberikan gambaran komprehensif dari konsep kehidupan Islam yang integral. Tapi beginilah jadinya. Sambil berjalan gaya penulisan blog ini tentunya ingin disempurnakan. Sekarang bola di tangan anda, wahai pembaca yang budiman semuanya. Kritik dan saran yang membangun bagi blog ini selalu penulis tunggu.