Datangnya Imam Al Mahdi,

Penutup Tanda-Tanda Kecil Permulaan Hari Akhir

kiamat

Imam Al Mahdi, Pemimpin Yang Dijanjikan

al mahdi

al mahdi

Sungguh bumi ini akan dipenuhi oleh kezhaliman dan kesemena-menaan. Dan apabila kezhaliman serta kesemena-menaan itu telah penuh, maka Allah SWT akan mengutus seorang laki-laki yang berasal dari umatku, namanya seperti namaku dan nama bapaknya seperti nama bapakku (Muhammad bin Abdullah). Maka ia akan memenuhi bumi dengan keadilan dan kemakmuran sebagaimana bumi telah dipenuhi sebelum itu oleh kezhaliman dan kesemena-menaan. Di waktu itu langit tidak akan menahan setetes pun dari tetesan airnya, dan bumi pun tidak akan menahan sedikit pun dari tanam-tanamannya. Maka ia akan hidup bersama kamu selama 7 tahun, atau 8 tahun, dan paling lama 9 tahun. (HR. Thabrani, al Bazzar, Abu Nu’aim, ash Shahihah: 1529)

Pada akhir zaman akan muncul seorang khalifah yang berasal dari umatku yang akan melimpahkan harta kekayaan selimpah-limpahnya. Dan ia sama sekali tidak akan menghitung-hitungnya (HR. Ahmad, Muslim).

Al Mahdi berasal dari umatku, berkening lebar, berhidung mancung. Ia akan memenuhi bumi ini dengan keadilan dan kemakmuran sebagaimana bumi ini sebelum itu penuh dengan kezhaliman dan kesemena-menaan, dan ia berumur tujuh tahun (masa pemerintahannya) (HR. Abu Dawud, al Hakim, dihasankan Albany).

Imam Al Mahdi, Tanda-Tanda Kedatangannya.

Akan terjadi suatu perselisihan ketika meninggalnya seorang khalifah. Maka keluarlah seorang laiki-laki dari penduduk Madinah dan ia lari ke Makkah. Lalu datanglah kepadanya orang-orang yang berasal dari penduduk Makkah dan mereka membawa laki-laki tersebut dengan paksa. Kemudian mereka memba’iatnya antara sudut Ka’bah dengan maqam Ibrahim (HR. Ahmad, Abu Dawud, Ibn Abi Syaibah, Thabrani).

‘Aisyah Ummul Mu’minin Radhiyallahu ‘anha telah berkata: Pada suatu hari tubuh Rasulullah SAW bergetar dalam tidurnya. Lalu kami bertanya: Mengapa engkau melakukan sesuatu yang belum pernah engkau lakukan sebelumnya wahai Rasulullah? Rasulullah SAW menjawab: Akan terjadi suatu keanehan, yaitu bahwa sekelompok orang dari umatku akan berangkat menuju Baitullah untuk memburu seorang laki-laki Quraisy yang pergi mengungsi ke Ka’bah. Sehingga apabila orang-orang tersebut telah sampai di sebuah padang pasir (al Baida’), maka mereka ditelan bumi. Kemudian kami bertanya: Bukankah di jalan padang pasir itu terdapat bermacam-macam orang? Beliau menjawab: Benar, di antara mereka yang ditelan tersebut ada yang sengaja pergi untuk berperang, dan ada pula yang dipaksa untuk berperang, serta ada pula orang yang sedang berada dalam suatu perjalanan, akan tetapi mereka binasa dalam satu waktu dan tempat yang sama. Sedangkan mereka berasal dari arah (niat) yang berbeda-beda. Kemudian Allah SWT akan membangkitkan mereka pada hari berbangkit menurut niat mereka masing-masing (HR. Bukhari Muslim)

Sungguh Baitullah ini akan diserang oleh suatu pasukan, sehingga apabila pasukan tersebut telah sampai pada sebuah pada pasir, maka bagian tengah pasukan itu ditelan bumi. Maka berteriaklah pasukan bagian depan kepada pasukan bagian belakang, dimana kemudian semua mereka ditenggelamkan bumi dan tidak ada yang tersisa kecuali seorang yang selamat yang akan mengabarkan tentang kejadian yang menimpa mereka (HR. Muslim).

Imam Al Mahdi, Kedudukan Mulianya

Al Mahdi berasal dari umatku, yang akan diishlah oleh Allah dalam satu malam (HR. Ahmad, Ibn Majah, ash Shahihah 2371).

Imam Mahdi, Takdir Perjuangannya.

Kamu akan memerangi semenanjung Arabia, lalu Allah akan menaklukannya untukmu. Setelah itu Persia, dimana Allah akan menaklukannya untukmu. Kemudian Rum, dimana Allah akan menaklukannya untukmu. Kemudian kamu akan memerangi Dajjal, dimana Allah akan menaklukannya untukmu (HR. Muslim, Ahmad, dan Ibn Majah).

Setelah pembangunan Baitul Maqdis adalah berarti hancurnya Yatsrib. Dan setelah hancurnya Yatsrib adalah berati terjadinya pertempuran. Dan setelah terjadi pertempuran adalah berarti penaklukan Konstantin. Dan setelah penaklukan Konstantin adalah keluarnya Dajjal (HR. Ahmad, Abu Dawud).

(bersambung)