Kumpulan Hadist Nubuwwah Tanda-Tanda Kecil Akhir Zaman.

nubuwwah

Menjelang hari kiamat akan terjadi kematian massal dan tahun-tahun gempa bumi (HR. Ahmad, Abu Ya’la, dan ad Darimi).

Kematian missal akibat korban bencana alam seperti tsunami benar-benar telah terjadi. Demikian pula akan terjadi kematian massal akibat peperangan besar sebelum kedatangan hari kiamat. Adapun mengenai tahun-tahun gempa bumi, maka belum pernah tertulis dalam sejarah banyaknya gempa bumi sebelum tahun-tahun terakhir ini. Bahkan tahun-tahun terakhir ini tercatat rekor gempa bumi terbanyak sepanjang sejarah.

Sungguh akan datang kepada manusia suatu zaman dimana pada zaman itu si pembunuh tidak mengerti kenapa ia membunuh, dan si terbunuh tidak mengerti kenapa ia dibunuh* (HR. Muslim).

*Berita-berita pembunuhan di TV banyak yang dilatarbelakangi oleh kasus-kasus sepele maupun kerusuhan, membuktikan ramalan nubuwat ini.

Kiamat tidak akan berdiri kecuali apabila ilmu telah diangkat, banyaknya terjadi gempa bumi, timbulnya huru-hara, banyaknya kegaduhan yaitu pembunuhan (HR. Bukhari, Ahmad, Ibn Majah).

Sesungguhnya di pintu gerbang hari kiamat akan datang hari-hari dimana turun padanya kejahilan, diangkat padanya al Ilmu, dan banyak kegaduhan. Dan kegaduhan dimaksud mengakibatkan terjadinya pembunuhan (Muffafaqun ‘Alaihi)

Sesungguhnya dari syarat-syarat kiamat adalah ilmu akan dituntut dari orang-orang kecil (orang yang tidak ahli) (HR. Thabrani, Ibn Mubarak, ash Shahihah 695).

Budak wanita melahirkan tuannya*. Para penggembala kambing yang miskin, telanjang kaki dan tidak berpakaian akan berdiam di gedung-gedung tinggi (HR. Muslim, Ahmad, ash Shahihah Albani: 1345).

*Zaman yang telah modern ini telah membuat seorang ibu seakan-akan telah menjadi budak bagi anak-anaknya. Banyak sekali anak-anak yang memperlakukan ibu mereka seolah seperti budak, yang mereka peras fikiran dan tenaganya.

Sebagian orang dari umatku akan meminum khamr dan mereka akan menamakannya perbuatan tersebut bukan dengan namanya (HR. Ahmad, Nasa’i, ash Shahihah: 1138).

Banyaknya merk minuman keras dan berbagai jenis variannya membuat minuman ini tidak disebut dengan lagi sebagai minuman keras (khamr). Mereka meminumnya dan mereka menamainya dengan berbagai jenis nama.

Diantara syarat-syarat kiamat adalah timbulnya hal-hal keji, terang-terangan dalam kekejian, pemutusan silaturahim, penghianatan terhadap orang yang jujur dan kepercayaan terhadap orang-orang berkhianat (HR. Ahmad, al Bazzar, ash Shahihah:2290).

Di pintu gerbang hari akan muncul tahun kepalsuan dimana orang-orang jujur akan menjadi yang tertuduh dan orang-orang yang semestinya tertuduh dipercayai. Dan pada masa itu muncul ar Rawaibidhah. Lalu para shahabat bertanya: Apakah ar Rawaibidhah itu? Berkata Rasulullah: Yaitu orang bodoh yang berbicara tentang urusan-urusan masyarakat umum (HR. Ahmad, Thabrani, ash Shahihah: 1888).

Sesungguhnya diantara syarat-syarat kiamat adalah bahwa seorang laki-laki hanya mengucapkan salam terhadap orang yang dikenalnya saja (HR. Ahamad).

Di pintu gerbang hari kiamat salam hanya diucapkan pada orang-orang khusus (yang  sudah dikenal saja), tersebar dan berkembangnya perdagangan, sehingga seorang istri membantu suaminya untuk berdagang (HR. Ahmad, ath Thayalsi).

Akan datang kepada manusia suatu zaman dimana orang-orang tidak perduli lagi terhadap lagi terhadap apa-apa yang mereka peroleh apakah rizki itu dari yang halal ataukah dari yang haram? (HR. Bukhari dan Nasa’i). Berkurangnya amal dan tersebarnya kebakhilan (HR. Bukhari, Muslim, dan Abu Dawud).

Sungguh akan datang kepada seorang suatu zaman, dimana melihatku (Rasulullah dalam mimpi) lebih ia sukai daripada keluarga dan hartanya (HR. Bukhari, Muslim, Ahmad).

Akan mencul di akhir zaman dari umatku orang-orang berkendaraan di atas beberapa pelana yang terbentang*, dimana mereka berhenti dengan kendaraan tersebut di depan masjid-masjid, wanita-wanita mereka berpakaian akan tetapi mereka adalah telanjang** (HR. Ibn Hibban).

*Mobil merupakan sebuah kendaraan yang memiliki pelana terbentang.

**Sedangkan wanita-wanita berpakaian tetapi telanjang adalah mereka yang pakaianya ketat, terbuka sebagian besar, sehingga berpakaian atau tidak sama saja. Dan ini telah terjadi.

Hampir saja tidak boleh dibawa ke negeri Irak sepiring makanan atau sebuah dirham. Kami (para shahabat) bertanya: Orang-orang ajam (non Arab). Kemudian beliau SAW berkata: Hampir saja tidak boleh dibawa sepiring makanan atau sebuah dirham kepada penduduk Syam (Palestina). Lalu kami bertanya kembali: Siapa lagi yang melakukannya ya Rasulullah? Beliau menjawab: Orang-orang Rum (Romawi) (HR. Muslim, Ahmad).

*Embargo atas Irak dan Palestina telah terjadi pada tahun-tahun terakhir ini. Sampai sampai tidak boleh bahan makanan dan obat-obatan di bawa ke Irak dan Palestina melainkan sedikit saja.

Hampir saja akan muncul lumbung harta berupa emas dari kekeringan sungai Euphrat* maka barangsiapa yang hadir disana hendaklah ia tidak mengambil sedikitpun darinya (HR. Bukhari Muslim).

*Sungai Eufrat di Irak yang menjadi sumber kesuburan lembah Mesopotamia kelak akan mengering. Di sana akan ditemukan gunung emas yang seorang muslim tidak boleh mengambil bagian darinya. Bahkan kini Israel pun turut membendung sungai ini sebagai upaya untuk mempercepat proses keringnya.

Aku menghitung enam perkara yang akan terjadi menjelang hari kiamat, yaitu kematianku (Rasul SAW), kemudian penaklukan Baitul Maqdis (di Palestina), kemudian kematian massal akibat wabah penyakit qu’as (penyakit yang mematikan kambing dengan cepat),kemudian melimpahnya uang  sehingga apabila seseorang diberi gaji seratus dinar maka ia tetap tidak puas, kemudian munculnya fitnah yang memasuki setiap rumah orang Arab, kemudian adanya gencatan senjata antara umat Islam dengan Bani Ashfar (Eropa dan Amerika) dan kemudian mereka menghianati kamu dimana mereka akan menyerangmu di bawah 80 bendera di bawah tiap-tiap bendera itu terdapat 12.000 orang pasukan (HR. Bukhari, Ahmad, Thabrani, ash Shahihah 1883).

(bersambung)