Kiamat Sudah Dekat

kiamat

Banyak di antara kita beranggapan bahwa hari kiamat masih jauh. Sebagian ada yang berdalil dengan hadist:” Tidak akan datang kiamat sehingga di muka bumi tidak diucapkan lagi lafal Allah”. (Shahih Muslim 2:178). Padahal kenyataannya, hingga saat ini, masih ada masjid yang mengumandangkan adzan tiap waktu sholat. Demikian pula masih ada sebagian kaum muslim yang menegakan sholat, membaca al Qur’an, dan berdakwah. Isi hadist ini shohih, bahkan kaum muslim tidak akan menemui kiamat ini karena pada waktu itu tidak ada lagi seorangpun yang  beriman berdasar hadist: “Di pintu gerbang hari kiamat akan datang angin yang akan mencabut ruh-ruh setiap mu’min” (HR. Ahmad, Muslim, Tirmidzi dan Ibn Majah). Dan hadist:  “Sesungguhnya Allah akan mengutus suatu angin yang lebih lembut dari sutra dari arah Yaman atau arah Selatan, maka tidak seorang pun yang akan dia sisakan dari orang-orang yang masih ada iman di hatinya walaupun seberat biji kecuali akan dia cabut rohnya” (HR. Muslim, Hakim, ash Shohihah: 1759).

Namun perlu disadari bahwa Rasulullah SAW bersabda bahwa keadaan sebelum hari kiamat telah membuat banyak orang mukmin mudah menjadi kafir. “Bersegeralah engkau melakukan amal shalih sebelum datangnya fitnah-fitnah (ujian) seperti potongan-potongan malam yang gelap gulita. Pagi-pagi seseorang masih beriman, tetapi pada sore harinya sudah menjadi kafir, dan pada sore hari seseorang masih beriman, kemudian pada pagi harinya sudah menjadi kafir. Dia menjual agamanya untuk memperoleh kekayaan dunia(Shahih Muslim: 2/133). Ini merupakan peringatan penting bagi seorang muslim bahwa akan tiba masa-masa fitnah sebelum datangnya hari kiamat yang menyebabkan banyak orang murtad. Sungguh malang orang yang mengira datangnya waktu itu masih jauh padahal masanya telah dekat. Bahkan menganggap datangnya hari kiamat sebagai suatu hal yang jauh adalah karakteristik orang kafir. Allah berfirman Artinya : Sesungguhnya mereka memandang siksaan itu jauh (mustahil). Sedangkan Kami memandangnya dekat (pasti terjadi)” (Al-Ma’arij : 6-7).

Wahai kaum muslim, ketahuilah bahwa kiamat itu memiliki tanda-tanda yang telah diberitakan melalui nubuwat Nabi Muhammad SAW. Ada banyak sekali tanda kecil dan sepuluh tanda besar. Bahkan mayoritas tanda-tanda kecil telah terjadi di masa kini. Bersiap-siaplah!

(bersambung)